Arsip Blog

Senin, 20 Desember 2010

Indonesia Tak Kebagian Gerhana Bulan

Gerhana Bulan (foto: My Spill)
 Gerhana bulan total yang terjadi pada Selasa 21 Desember nanti ternyata hanya akan menyambangi negara-negara tertentu. Perbedaan waktu ternyata membuat Indonesia tidak akan mendapatkan pertunjukan fenomena alam itu.

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengakui bahwa gerhana bulan total memang akan terjadi pada 21 Desember besok. Sayangnya warga Indonesia tidak akan bisa melihat fenomena ini karena masalah perbedaan waktu.

"Gerhana bulan itu hanya bisa dilihat di malam hari. Saat gerhana terjadi, Indonesia masih diterangi oleh Matahari, atau masih berada di waktu siang jadi tidak akan bisa terlihat di sini," ujar Profesor Thomas, saat dihubungi okezone, Senin (21/12/2010).

Dipaparkan Thomas, gerhana bulan total itu akan berlangsung siang hari selama kurang dari 4 jam yaitu sekira pukul 13:31 hingga 17:01. Hal inilah yang menyebabkan warga Indonesia mustahil akan bisa melihat fenomena alam yanng berlangsung selama 300 tahun sekali itu.

Sebelumnya NASA mengumumkan akan terjadi gerhana bulan pada 21 Desember nanti. Gerhana bulan sendiri sejatinya terjadi dua kali dalam setahun namun badan antariksa AS (NASA) mengklaim jika gerhana bulan kali ini tergolong tidak biasa. 21 Desember adalah pertengahan musim dingin, dan 21 Desember akan menjadi hari dengan waktu terpendek di tahun ini. Gerhana ini terakhir terjadi pada 1638 dan tidak akan terjadi lagi hingga 2094 nanti.

Gerhana bulan kali ini akan terlihat cukup indah karena terjadi di waktu yang sangat langka, di mana bulan akan sejajar dengan bintang-bintang dari bima sakti sehingga menciptakan latar belakang yang sangat luar biasa indah dan menghadirkan nuansa bulan berwarna oranye dan merah bata.


sumber:http://techno.okezone.com/read/2010/12/20/56/405211/indonesia-tak-kebagian-gerhana-bulan

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...