Arsip Blog

Jumat, 24 Desember 2010

Mengapa Orang Indonesia Bodoh?

Orang Indonesia banyak yang bodoh, tapi gak sadar kalau dia bodoh dan berlagak seolah2 tidak bodoh. Malah banyak orang bodoh yang suka membodoh-bodohi orang lain, padahal dia sendiri sebetulnya sedang dibodohi. Sungguh kebodohan yang amat bodoh!!! Kok bisa ya mereka sebegitu bodohnya???
1.      Sekolah Mahal
Masuk SD bagus aja bayar sampe 5 juta. Mau kuliah aja harus keluar kocek sampe ratusan juta. Gimana mau pinter??? Di negara maju sekolah gratis, Bung. Di ‘negara mundur’ saja yang mau sekolah mesti ngutang dulu. Kok senang ya ‘orang2 berkuasa’ itu bikin sekolah komersil. Mbok ya kalau mau kaya bikin bisnis aja sana. Mau nipu orang kek, mau ngeruk duit kek, sah2 saja, namanya juga bisnis. Tapi ya jangan ‘ngeruk duit’ di sekolah dong. Jangan ‘meres’ pelajar, jangan meres orang tua. Wong2 cilik itu sudah kering kerontang badannya, eee kok ya masih tega diperes!!! Orang mau pinter kok dihalang2i, penguasa macam apa itu??? Bikin malu saja!!!
2.      Sekolah Gak Bermutu
Sudah bayar mahal, isinya gak mutu pula. Tanpa bermaksud menggeneralisasikan, ada sekolah2 favorit yang biayanya selangit, ternyata mutunya cuma sak’iprit. Nampaknya banyak sekolah yang belum paham benar apa sesungguhnya yang dimaksud ‘sekolah bermutu’. Masyarakat menilai sekolah bermutu itu yang gedungnya megah, fasilitasnya mewah, komputer ngecling, papan nama internasional, dsb, dll, dst, dkk! Padahal yang penting itu kan sistemnya. Metode pembelajaran, SDM guru, dan kedisiplinan. Buat apa komputer canggih kalo Cuma dipake nge-game? Buat apa LCD, TV, VCD kalo guru Cuma nyuruh hafalan buku teks? Buat apa sih semua fasilitas modern itu kalo metode pembelajaran kita masih kuno??? Asli gak ada bedanya sama sekolah2 reyot zaman Belanda dulu. Yang beda Cuma bungkusnya aja. Dalemnya?Nonsense!
3.      Sekolah Cuma Dikit
Mahal, gak mutu, dikit pula. Orang Jawa mungkin gak terlalu merasakan masalah ini, tapi anak2 di daerah pedalaman Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan pulau2 nun jauh di pelosok sana jelas menjadi korban. Kadang2 sekolah Cuma ada di ibukota kabupaten, dan untuk mencapainya pun sulit sekali. Di sekolah yang Cuma satu2nya itu, fasilitasnya juga seadanya. Satu sekolah bisa Cuma dua guru. Kalo lihat yang kayak begini, kita gak bisa nyalahin dong kalo SDA mereka dirampok sama orang asing. Kekayaan alam mereka pun akhirnya Cuma memperkaya orang yang sudah kaya, sedangkan mereka sendiri tetap berkubang dalam lingkaran kemiskinan yang nggak ada ujungnya. Cuma pendidikan yang bisa memutusnya, dan itupun nggak bisa mereka dapatkan.
Memang, kalo mau pintar, intinya ya sekolah. Kalau sekolah saja masih susah, jangan harap orang Indonesia bisa pintar. Karena itu Teman, kita2 yang sudah mendapat status sebagai ‘pelajar dan mahasiswa’ ini sudah sepatutnya bersyukur. Mudah2an kita bisa jadi orang pintar dan membuat semua anak Indonesia lebih dan lebih pintar lagi!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...